Rabu, 30 November 2016

Penyakit Kulit yang Paling Sering Menjadi Penyebab Alergi Pada Bayi


By on 19.31

alergi pada bayi
www.cekalergi.com

Penyakit kulit adalah salah satu jenis masalah kesehatan yang paling sering menyerang manusia. Penyakit kulit pula yang paling sering menyebabkan alergi pada bayi. Bahkan, bayi lebih mudah terserang masalah kesehatan kulit dibandingkan dengan orang dewasa karena daya tahan tubuh yang dimiliki bayi terbilang sangat rendah dan belum terlalu kuat. Bayi pada usia 0 hingga 3 tahun adalah golongan yang paling sering terkena masalah kesehatan ini.
Di tahun pertama kehidupan Si Kecil biasanya penyakit atau masalah alergi akan sangat sering muncul karena lapisan kulitnya yang masih sangat rentan terhadap alergen. Kulit bayi yang masih halus dengan sedikit pigmen juga turut membuat kulitnya semakin rentan. Bahkan, suhu yang terlampau dingin pun bisa menjadi pencetus alergi bagi Si Kecil. Ruam merah dan peradangan pada kulit adalah salah satu gejala alergi yang paling umum pada bayi. Berikut ini adalah beberapa jenis alergi kulit pada bayi.

Biang Keringat Sebagai Alergi pada Bayi

Biang keringat adalah salah satu jenis alergi pada bayi, penyakit ini juga dikenal dengan nama miliari. Biang keringat biasanya muncul di beberapa bagian tubuh, seperti di wajah, punggung, leher dan lain sebagainya. Penyakit kulit ini biasanya ditandai dengan bayi yang rewel karena merasa gatal. Terkadang juga diikuti dengan munculnya gelembung-gelembung kecil yang mengandung air di dalamnya.
Penyebab dari alergi ini adalah udara yang terlau panas, cuaca yang lembap hingga pakaian bayi yang terlalu ketat. Bayi yang terlalu aktif bergerak juga bisa menjadi pemicu munculnya biang keringat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar pada Si Kecil. Memberikan bedak anti alergi pada Si Kecil juga akan membantu meringankan masalah kesehatan ini.

Eksim

Eksim adalah salah satu masalah kulit yang juga kerap menyerang bayi. Eksim biasa menyerang bayi saat ia berusia 3 bulan. Eksim atau eksema adalah peradangan hebat yang menjadi penyebab munculnya lepuhan-lepuhan atau gelembung kecil pada kulit bayi. Jika gelembung yang berisi cairan ini pecah maka akan membuat kondisi kulit Si Kecil semakin memburuk.
Penyebab dari eksim sendiri sangat beragam. Faktor internal seperti genetik dan faktor eksternal seperti alergen bisa menjadi penyebab eksim. Tiap bayi memiliki faktor penyebab eksim yang berbeda. Namun, salah satu penyebab eksim tertinggi adalah lingkungan yang kurang bersih. Pemberian lotion atau bedak akan sangat membantu bagi Si Kecil kala menderita eksim. Untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut maka periksakan Si Kecil ke dokter spesialis atau rumah sakit.


Nah, itu tadi beberapa penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi pada bayi. Kesehatan sangatlah mahal harganya, oleh karena itu mari kita jaga selalu kesehatan dari Si Kecil dan seluruh anggota keluarga kita ya, Bun!

Tentang Artikel Menarik

Blog ini menyuguhkan berbagai artikel, informasi dan tips menarik tentang berbagai hal

0 komentar:

Posting Komentar